Otanjoubi Omedetou


Hallo sahabat KSJ48. Lagi iseng-iseng buka file word. Gue nemu cerpen spesial ulang taunnya Andela. Isinya sih kisah perjalanan gue suka JKT48. Tapi di ending gue buat lirik lagu atau bisa disebut puisi sih.
“eh, zen lo lagi ngedownload apa ?” tanya gw.
“Ini, gw lagi ngedownload setlist JKT48” jawab Zen.
“Setlist yang baru itu yah ?” tanya gw.
“Iya fi, yang Dareka no Tameni sama Sheishun Girl” jawab Zen.
Beginilah nasib fans far, mereka tidak bisa pergi ke theater untuk menyaksikan oshinya bernyanyi secara langsung. Jangankan pergi ke theater, beli Singlenya pun belum pernah. Uang jajan yang dikasih mamah cuman bisa beli pocky yang ada stiker JKT48.Setiap ada single atau setlist baru keluar, gw sama Zen harus nunggu beberapa bulan. Gw nunggu VVOTA yang baik hati, yang nge-upload CD yang ia beli.
Karena nggak sanggup beli gw selalu nongkrong di koridor sekolah untuk ngedownload video tentang idol grup itu. Untung aja sekolah gw ada hotspot, jadi gw nggak harus beli kuota.Gw jadi inget saat – saat pertama kali gw ngenal dunia peridolan. Gw lebih dulu mengenal AKB48, sister grup dari Jepang itu. Gw tau AKB dari temen gw, Rizki.
Saat itu gw sedang nunggu guru yang belum juga nongol – nongol, Rizki yang waktu itu bawa notebook memutar video AKB. Gw yang penasaran dengan video apa yang di tonton Rizki langsung menghampirinya.
“ki, lo lagi nonton apa ?” tanya gw.
“Ini lagi nonton AKB” jawab Rizki.
“AKB…” dalam hati gw berfikir, mungkin AKB sejenis girl band.Dan alangkah kagetnya gw, ketika ngeliat videonya.
“Ini girl band ?” tanya gw.
“Bukan ini idol grup”
“Apa bedannya ?”
“Ya beda lah, mereka itu banyakan, terus punya theater, banyak deh bedanya sama girl band”
“Ouuuhh…mv nya juga beda yah ?”
“Iya sih, AKB punya beberapa mv gravure”
“Ini lagi, gravure apaan ?”
“Yaa, sejenis yang lagi gw tonton”
Saat itu, Rizki sedang menonton mv AKB48 Heavy Rotation. Gw langsung suka sama AKB, gw minta semua mv AKB yang gravure.Gw puter di rumah, dan kalo di denger – denger sih lagunya juga lumayan.
AKB48 telah mengubah haluan gw dari penyuka girl band lokal, menjadi seorang penggila Jepang. Ditambah lagi ketika gw main ke rumah Zen. Gw liat desktop backgroundnya itu 2 orang cewek.
“Zen itu siapa ?” tanya gw.
“Ouh, itu Mayuyu, sama Jurina” jawab Zen.
“Kok agak beda yah” ucap gw.
“Itu foto pas mereka lagi syuting Majisuka Gakuen” balas Zen.
“Film apaan tuh ?” tanya gw.
“Kayak crow zero gitu” jawab Zen.
Hari – hari gw dipenuhi dengan AKB48, dari mulai PV, dokumenternya, lagu, sampai acara tv yang dibawakan oleh idol grup itu. Ditambah lagi dengan Dorama – dorama yang dibintangi member AKB.
Gw jadi punya kebiasaan baru, gw sama Zen suka nongkrong di koridor kalo pelajaran sudah beres, hanya untuk ngedownload video idol grup itu. Atau nggak gw suka ngedownload Dorama Jepang.
Gw sekolah di salah satu SMK favorit di kota gw. Jurusan Multimedia yang gw pilih saat itu. Sekolah gw menyediakan hotspot untuk murid – muridnya mencari materi di internet. Namun gw salah gunakan untuk mendownload hahaha.
Kebiasaan baru gw membawa dampak buruk. Saat pelajaran produktif berlangsung, gw selalu menghidupkan laptop gw menyambungkannya ke hotspot dan mendownload ria. Harddisk laptop gw penuh gara – gara ngoleksi video AKB.
Gw pertama kali liat JKT48 di tv, pas liat iklan pocary sweet. Waktu itu gw masih belum tau apa – apa tentang mereka.
Suatu malam, gw lagi nonton tv. Gw pindah – pindah channel, karena nggak ada film yang bagus. Dan gw berhenti di salah satu channel yang ada JKTnya.
Dari judulnya gw tau, kalo JKT48 lagi ngadain senbatsu sousenkyou. Gw pernah liat AKB ngadain Senbatsu.
Awalnya sih gw geli banget liat member satu persatu dipanggil ke panggung. Terus membernya pada nangis – nangis gitu, kayak sister grupnya.
Tapi lama kelamaan keren lah, mereka bermaksud mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada para fans yang sudah mendukung mereka. Saat itu gw pernah di kasih lagu JKT sama si Rizki, cuman beberapa lagu yang gw suka. Bahkan ada beberapa lagu yang belum pernah gw puter. Dari judulnya juga aneh – aneh. Rugi sudah diciumlah, dan masih banyak lagi judul yang aneh aneh.
Memang saat itu gw lebih suka AKB daripada JKT. Bagi gw JKT48 cuman transletan lagu AKB.
Gw mulai suka JKT saat gw udah kelas 3. Saat itu gw sama temen – temen lagi ngejalanin Prakerin di sebuah perusahaan. Rizki yang papahnya seorang mandor di sebuah P.T ngajak gw buat PKL disana. Rizki, gw, Zen, Rafely, Nirwan, sama Nurul. Inget Nurul itu cowok.
Sebelum berangkat Prakerin, gw pernah ditanya sama Zen.
“fi oshi lo siapa di JKT ?” tanya Zen.
“Mungkin Ayana” jawab gw.
“Ouhh”
“Kalo lo zen ?” tanya gw.
“gw sih, Shanju” jawab Zen.
Saat itu gw asal jawab, gw pernah liat fanspage ayana, dan selewat gw liat dia lumayan cantik.
Setelah itu gw sama temen – temen pergi ke tempat Prakerin, karena beda kota, papahnya Rizki menempatkan kita di sebuah mess, lebih tepatnya sih bekas kantor yang dijadiin gudang penyimpanan kabel. Tapi gw nggak protes, karena disana ada wifi gratis.
JKT48 saat itu merilis single terbarunya yang berjudul Kokoro no Placard atau Papan Penanda Isi Hati. Zen yang dari dulu udah ngefans sama JKT, setia menunggu ada fans yang berbaik hati meng-upload single itu. Dan ketika berselancar di internet, dia mendapatkan link downloadnya. Langsung aja dia download mvnya.
Kamar disana hanya ada dua, sebenarnya cuman satu sih. Yang satunya lagi bekas ruang meeting gw jadiin tempat tidur. Kamar satu berada diatas, sedangkan kamar yang gw tiduri ada dibawah. Saat itu gw sedang maen game online bareng Rizki, gw mendengar lagu yang aneh banget.
“Payayayayah”
“Payayayayayah”
“Payayayayayayah”
“Opayayayayayah”
“…………”
Gw nggak tau lagu apaan itu, gw naek ke atas. Disana ada Zen yang lagi nonton video di laptopnya.
“Zen lo lagi nonton apaan sih ?”
“eh elo fi. Ini single terbarunya JKT”
“Judulnya apaan ?”
“Kokoro no Placard”
Gw berfikir, kalo lagu itu udah ada di JKT, pasti AKB juga ada. Tapi gw belum punya deh itu lagu.
“Rilisnya bareng sama AKB loh” ucap Zen.
“Ouhh, pantes aja, gw belum punya” balas gw.
“Oh iya fi, lo tau shukan AKB nggak ?” tanya Zen.
“Tau..tau gw punya beberapa episode, emang kenapa ?” jawab gw.
“Gw punya episode spesial JKTnya loh” ucap Zen.
Gw yang penasaran dengan idol grup lokal itu, gw langsung meminta Zen untuk memutar video itu. Dan benar saja, mungkin beres konser di Tokyo Dome mereka di undang di acara TV yang dibawakan AKB itu. Gw sama Zen nonton dengan serius, gw langsung tertawa ketika liat Nabilah goyang ala Sule, terus Melody yang makan wasabi nggak kepedesan sama sekali. Gw nggak bisa nahan tawa ketika liat Ve ngomong “Onaka Suita”.
Aaahhh, nggak tau kenapa gw sukaa banget sama logatnya , apalagi liat pipinya. Gw mau nyubit tau gk. Sejak itu gw mulai suka sama JKT.
Setelah hari itu, di mess sering bergema lagu JKT48. Rizki dan Nurul tidak begitu protes kalo gw sama Zen ngidol. Sepulang praktek, Zen sama si Nurul lagi debat.
“Yang jelas Yuvi lebih cantik zen” ucap Nurul.
“Naomi donk, liat nih fotonya” balas Zen sambil memperliatkan foto Naomi yang menyebabkan tsunaomi.
Nurul sama Zen lagi perang foto member yang mereka suka. Nurul emang nggak gitu suka sama JKT, mungkin dia hanya nggak tahan liat muka Yuvi yang imut abiss.
Saat itu gw lagi tiduran di kasur.
“Nih rul, oshinya si Luthfi” ucap Zen sambil menunjukan foto Ayana.
“Mana…” balas Nurul.
Setelah melihat foto Ayana dia berkata.“Itu jidatnya lega bener, kayak lapang golf” ledek Nurul.
Gw cuman bisa tersenyum sedangkan Zen tertawa terbahak – bahak.
Kalo si Nirwan yang suka disebut Temon, suka ngeledek gw.
“aduuh…ini…JKT” ledek Temon ketika ngeliat gw sama Zen lagi ngeliat video JKT.
“lo jangan marah ya fi, kalo Nabilah gw nikahin” sambung Temon.
“Ngimpi lo… pacaran aja nggak boleh” balas gw.
Apalagi kalo gw sedang nonton setlist. Dengan santainya dia duduk disamping gw sambil berkata.
“wess…itu pahanya. Roknya angkat sedikit….” ucap Temon.
“Otak lo ngeres amat mon ? belum disapu yah ?” balas gw.
“haha,  iya mon, lo keseringan nonton JAV” ledek Zen.
“Kalo itu sih….” Temon terdiam, mungkin dia mengakuinya. Sontak gw sama Zen tertawa.
Beda dengan Nirwan, temen gw yang satunya lagi paling nggak suka sama girl band.
“fel, gw udah bilang ke elo berapa kali sih. JKT itu bukan girl band tapi idol grup” ucap gw.
“Ahhhh, sama aja kali. Mereka joget – joget sambil nyanyi kan ?” balas Rafely.
“hahhh, susah dah kalo debat sama lo” ucap gw.Gw sama Zen suka terlibat debat sama Rafely. Terkadang dia berkomplot sama Temon.
“mon si Luthfi suka sama JKT tuh suka sama pahanya aja” ledek Rafely.
“haha, bener banget fel” balas Temon.
“Apalagi kalo AKB, sama dadanya juga kali yah” kembali Rafely meledek gw saat gw lagi nonton video JKT.
“Emang lo nggak suka ?” tanya gw.
“Iya sukalah” jawab Rafely.
“Terus kenapa lo ngeledek gw terus ?” tanya gw.
“gw cuman nggak suka aja mereka pamer – pamer gitu”
“Siapa juga yang pamer ?” Seterusnya Rafely suka ngeledek gw sama Zen. Gw inget ketika gw sama Zen lagi denger lagu kokoro no placard.
“hayayayayayayay”
“hayayayayayayayah”
Rafely bernyanyi dengan nada meledek. Gw sempat panas denger dia nyanyi nggak karuan. Tapi untuk menghindari perdebatan yang tidak perlu gw memilih diam.
Amarah gw nggak bisa ditahan ketika Rafely berkata. “mon, gw suka miris sama fans JKT, salaman aja bayar” ucap Rafely.
“haha, iya fel. Kasian banget” balas Temon.
Sambil menahan emosi gw ngomong.
“Kata siapa kalo mau salaman bayar ?” tanya gw dengan lantang.
“Ini dari foto ini…” ucap temon sambil menunjukan sebuah foto MCI. Yang terlihat foto Haruka sedang memijat sule. Diatasnya ada tulisan
Sule dipijat aja gratis. Terus kalian salaman aja masih bayar ?
“Terus elo percaya ?” tanya gw.“Iya percaya lah” jawab Rafely.
“Gini aja fel, misalkan elo beli CD MLTR, terus hadiahnya elo bisa ngobrol sama salah satu personilnya. Elo bakal seneng nggak ?” tanya gw dengan nada marah.
“fans itu nggak bayar. Mereka tuh beli Single, terus didalamnya ada tiket handshake. Tiap tiket berdurasi 10 detik. Mereka bisa ngobrol 10 detik sama member favoritnya”
“MLTR kayak gitu nggak ?” tanya gw sambil meninggalkan mereka berdua.
Memang Rafely suka sama band lawas itu. Personilnya tuh cowok – cowok yang udah tua. Setelah kejadian itu, mereka jarang ngeledek gw sama Zen.
Tak terasa masa Prakerin beres. Gw sama temen – temen pulang ke rumah. Beristirahat sejenak. Setelah melewati sidang prakerin, gw denger Zen lagi mutar lagu JKT. Dari dulu gw emang punya beberapa lagu JKT, tapi jarang gw puter. Terus buat apa ? Ya buat nambah – nambah koleksi 48 Family aja.
ah..mungkin bagi dirimuu
Hanya teman sekelas saja
Yang jalan pulangnya searah
Keberadaan yang seperti angin
"wah, lagunya lumayan juga” ucap gw dalam hati.
Saat itu gw nggak keburu buat minta lagu itu ke Zen. Sepulang sekolah, gw langsung pergi ke kamar gw dan cari lagu JKT di laptop gw. Gw puter satu – satu, tapi gw belum nemu juga lagu yang liriknya gw denger tadi siang.
Besoknya gw tanya ke Zen.
“Zen lagu yang kemaren judulnya apaan sih ?” tanya gw.
“Oh yang ini bukan…” jawab Zen sambil memutar kembali lagu yang gw denger kemaren.
Setelah mendengar satu lagu penuh gw berkata.“Ya, zen yang itu, judulnya apaan ?” tanya gw.
“Futari Nori no Jitensha” jawab Zen.
“Artinya apaan ?” tanya gw.
“Bersepedah berdua”
“Ouhhh”
Setelah itu gw jadi sering puter lagu JKT yang judulnya Futari Nori no Jitensha.
Satu hari penuh gw terus puter itu lagu. Sampai gw berinisiatif buat minta Setlist JKT48, “zen, lo punya setlist JKT ?” tanya gw.
“ya punya lah” jawab Zen.
“gw minta donk” ucap gw.
“Mau yang mana ? banyak nih” balas Zen.
“Semuanya aja Zen” ucap gw sambil menyerahkan sebuah flashdisk.
“Ada apa nih, tiba – tiba lo minta setlist ?” tanya Zen.
“haha, mau aja. Emang nggak boleh ?” jawab gw.
“Ya boleh donk. Malah bagus”ucap Zen.
Setelah minta setlist ke teman sebangku gw itu. Setiap hari gw muter video JKT, entah gw lagi makan, lagi maen game, atau lagi ngerjain tugas. Oshi gw saat itu Kak Ve, kenapa gw oshiin dia ?
Mungkin sejak gw nonton shukan akb waktu itu gw jadi suka sama Kak Ve. Dari Setlist gw sedot semua video yang berbau JKT. Dari mulai single + behind the scenenya, photo –photo member yang dipungut Zen satu persatu dari twiter member, sampai acara tv yang ada JKTnya.
Gw jadi makiiin – makiin suka, saat ada fans yang nge-upload film Viva JKT48 ke Youtube.
“fi, liat Viva JKT48 udah ada di Youtube” ucap Zen yang tengah berselancar internet.
“wah beneran Zen” balas gw sambil menghampiri Zen.
“Dari judulnya sih. Bentar gw cek dulu” ucap Zen.
Dan benar saja, itu memang Viva JKT48, dalam hati gw berkata “Terima kasih tuhan."
Gw udah nunggu berbulan – bulan sejak film yang tayang di bioskop itu. Jangan tanya kenapa gw nggak ke bioskop. Karena di kota gw nggak ada bioskop satu pun.
“Sikat Zen” ucap gw.
“Siap fi” balas Zen.
Saat itu gw sama Zen lagi ada di lab multimedia. Gw sangat betah disana, karena kayak di warnet. Disisinya ada meja panjang yang mengelilingi ruangan. Diatasnya ada computer berjajaran. Dan di tengahnya ada meja persegi panjang untuk murid yang membawa laptop. Setelah beres gw copy filenya, dan berpsisah dengan Zen karena bel pulang sudah berbunyi. Gw udah nggak sabar pengen nonton. Sampe di rumah gw langsung ke kamar ganti baju, ambil makan terus idupin laptop. Gw puter filmnya sambil makan. Nggak nyesel gw nunggu lama – lama, filmnya bagus banget.
Tak ada kisah cinta, tapi comedynya itu loh. Gw tertawa terbahak – bahak ketika liat fans putus asa ditinggal JKT. Apalagi pas liat fans itu pergi ke Lawson yang ternyata ada member yang tengah kelaparan. Tapi satu hal yang aneh, kenapa para member nggak pulang ke rumah masing – masing ? Malah diam di Lawson sambil melongo liat makanan. Duit mereka cuman bisa beli 2 minuman yang ditancap 8 sedotan. Gw sampe nonton tiga kali balikan, saking serunya.
Begitulah cerita gw suka sama JKT48. Dan sampai sekarang pun masih. Sampai – sampai gw jadi lebih suka idol grup dari Jakarta itu daripada AKB. Tapi temen gw Rizki yang ngenalin AKB udah nggak ngidol lagi. Dia berfikir “2 kali ke theater juga, udah cukup fi”.
Dia sekarang sedang mendalami dunia anime, gw sempet ngasih dia julukan 'Bandar Anime'. Karena Harddisk 1 TB isinya cuman anime doank.
Nggak disangka – sangka, temen lama gw si Adit juga diam – diam ngidol sama JKT. Bahkan dia pernah datang ke konsernya waktu JKT48 ngadain konser di Bandung. Gw sempet kesel sama temen gw ini, kenapa nggak ngajak gw ?
Tapi waktu itu gw belum suka–suka banget sih sama JKT. Pernah dulu, waktu gw masih kelas 2, si Adit dateng ke rumah gw bawa kepingan CD.
“wess, Single JKT48. Mantap” ucap gw ketika liat CD Manatsu no Sound Good.
“hehehe” balas Adit.
“liat fi, gw punya tiket handshake” sambung Adit.
Gw cuman berdecak kagum bercampur perasaan iri.
“Coba pinjem kasetnya dit” ucap gw.
Gw ambil itu CD, gw masukin ke laptop gw.
“Berapaan ini dit ?” tanya gw.
“30.000 ribu” jawab Adit.
Dan gw shock ketika liat isinya cuman ada 3 lagu men. 3 lagu 30.000. Jadi 1 lagu 10.000. Gw coba copy ke laptop gw, dan ketika gw cabut itu CD, terus gw puter itu lagu. Kok nggak bersuara yah ?. Kalo gw sih beli CD, paling beli diemperan jalan yang harganya cuman gocengan.
Besoknya gw tanya ke Zen, ia menjawab “Mungkin format audionya nggak support kali. Kan kaset original suka gitu”. Hahhh, ribet juga yah.Hari menjelang handshake sudah dekat, si Adit ke rumah gw lagi.
“fi, gw ikutan handshake nggak yah ?” ucap Adit.
“lah, kok jadi nanya ke gw ?” balas gw.
“gw males nih, berangkatnya” ucap Adit.
“males kenapa ?” tanya gw.
“Soalnya JFRG orangnya pada dingin semua, gw seolah nggak dianggap” jawab Adit.
JFRG itu nama fans dari kota gw. Gw tertawa lepas, kemudian gw berkata “Itu terserah lo sih dit, tapi menurut gw sih mending lo ikut.”
“Emang membernya siapa sih ?” tanya gw.
“Ghaida” jawab Adit.
“Houuuhh”
Hari dimana Handshake Event digelar pun tiba. Dan alangkah kagetnya gw, ketika si Adit malah dateng ke rumah gw.
“lo kenapa kesini dit ?” tanya gw.
“Hahhh, gw nggak jadi ikut” jawab Adit.
“Kenapa, sayang lo udah beli CDnya” ucap gw.
“haha, iya sih kalo dipikir – pikir. Abisnya gw males” balas Adit.
Karena merasa tiket itu sudah tidak berlaku, Adit menyobek tiket handshake itu dihadapan gw. Waktu itu gw sama sekali nggak keberatan. Kalo sekarang gw liat ada orang yang nyobek tiket HS dihadapan gw, mungkin gw udah ngemis – ngemis agar itu tiket dikasih ke gw. Itulah tindakan bodoh temen gw, yang sampai sekarang belum bisa gw lupain.
*~~~*
3 bulan setelah beres Prakerin, gw denger JKT48 bakal ngadain konser bareng AKB48. gw dapet info itu dari si Adit. Malam itu dia nge-BBM gw.
“fi AKB bakal ke Indonesia”
“wah yang bener lo dit ?”
“Asli, buka aja di web atau di twitter, facebook kek”
Gw bergegas ngecheck, dan bener aja. Bulan Februari mereka akan ngadain konser bersama. Gw termasuk anak yang mandiri, gw sering bantu bokap gw cari uang. Rencananya tabungan gw itu mau dibeliin tiket konser. Gw sama Adit mau dateng ke konser itu. Gw denger info itu saat masih liburan akhir semester. Lumayan lah peribahasanya tuh
“Sekali ke konser, bisa nonton 2 idol grup”.
Pas upacara hari senin berlangsung, gw udah ada dibarisan yang sama dengan Zen.
“Zen, lo udah denger belum JKT sama AKB mau ngadain konser bareng ?” tanya gw.
“wah beneran fi” jawab Zen.
“Iya, lo mau ikut gak ?” ajak gw.
“Hmm, emang harga tiketnya berapa ?” tanya Zen.
“Nggak tau sih. Paling 200 sampe 300 ribu” jawab gw.
“Kalo segitu sih, gw nggak ikut ah” ucap Zen.
Gw sih cuman ngasih info aja. Masalah ikut sama nggak ikutnya ya terserah dia.
Waktu konser sudah deket, dan asemnya si Adit dia malah nge-BBM kayak gini.
“fi kayaknya gw nggak bakalan ikut deh”
“Kenapa dit ?”
“Duitnya mau gw pake bayar SPP”
“Jiaah, kok lo gitu sih dit”
“Gw belum bayar SPP 3 bulan”
“lo mending dit, gw belum bayar 5 bulan”
“Nah itu lo tau”
“Hahh, nggak asyik lo dit”
“Gini aja deh fi, lo lebih ngutamain mana ? Kebutuhan apa keinginan ?”
Gw sempet bingung jawab itu pertanyaan. Belum sempet gw jawab Adit udah nge-BBM lagi.
“Kalo gw sih, lebih mengutamakan kebutuhan”
Karena kesel gw langsung jawab.
“Gw lebih milih keinginan yang sangat dibutuhkan”
si Adit udah bingung nanggepin BBM dari gw, dia nggak ngebales lagi. Setelah itu gw baru tau member yang bakal dateng ke Jakarta. Saat itu gw kecewa banget karena oshi gw Paruru nggak ikut dateng. Takamina-san, Mayuyu-chan, Yukirin-chan, Kojima-san, nggak pada dateng. Nama member yang gw tau saat itu, Yokoyama Yui, Kitahara Rie, dan ada beberapa lagi member yang lain yang gw tau. Bahkan Sashiko yang digadang – gadang bakal dateng, kenyataanya nggak jadi dateng.
Saat itu gw memutuskan untuk nggak jadi ikut. Duit itu nggak gw bayarin SPP kayak si Adit. Duit itu gw pake buat modal ternak ayam.
Berteman sama Zen, gw jadi tau semua seluk – beluk JKT48, dari nama beberapa member tim J, tim K3. Seperti biasa gw sama Zen lagi nongkrong di koridor.
“eh Zen oshi lo Siapa ?” tanya gw.
“Ya Naomi lah, perasaan gw udah ngasih tau lo deh” jawab Zen.
“eu..mm oh iya gw lupa” ucap gw.
“Emang Naomi doank yang lo suka ?” tanya gw.
“Ya engga sih, kalo dari tim J gw ngeoshiin Shanju, kalo dari gen 3 gw udah ngeoshiin Michele” jawab Zen.
“Emang gen 3 udah ada ?” tanya gw.
“Yaudah lah, malah udah lama banget itu audisinya” jawab Zen.
Yap, gw memang kurang update kalo soal info JKT48, yang terpenting gw bisa liat mereka bernyanyi di laptop gw itu udah cukup.
“Sial, nama member tim K3 belum hafal, udah ada gen 3” ucap gw.
“haha, nggak usah dihafalin juga kali” balas Zen.
“Kalo oshi lo masih Kak Ve ?” tanya Zen.
“Hmm, masih sih. Sekarang nambah, kalo di tim K3 gw ngeoshiin Yuvi” jawab gw.
“Ouuh”
Begitulah, kalo gw ketemu Zen disekolah, kalo nggak materi pelajaran ya ngobrolin tentang JKT48. Akhir – akhir ini nggak tau kenapa si Adit sering maen ke rumah gw. Padahal waktu SMP gw sama dia nggak deket – deket amat. Mungkin karena JKT48 kita bersatu.
“fi, lo harus baca deh ini” ucap Adit sambil nunjukin layar Hpnya.
“Apaan itu dit” balas gw heran.“Ini fanfict JKT48” ucap Adit.
“Fanfict apaan dit ?” tanya gw heran.
“Fanfict itu cerita yang dibuat fans, yang pemeran ceweknya itu member JKT” jawab Adit.
“Ouhh, gitu. Alamat webnya apa biar gw baca” ucap gw.
Adit pun memberikan alamat webnya dan judul fanfict yang menurutnya keren abisss.Diwaktu senggang gw coba baca fanfict. Gw mulai dari chapter 0. Dan benar saja ketika terus membaca, gw jadi ketagihan. Ceritanya men uuhh, epic banget. Beberapa hari gw udah tamat baca season 1. Abis itu gw langsung sikat, season 2 nya. Disana banyak pemeran baru dan nama – namanya agak asing di kuping gw. Yang gw tau cuman Michele, gw bicara dalam hati.
“Ouhh, mungkin ini member – member gen 3”
Member gen 3 yang jadi pemeran ceweknya itu Michele, Andela, Elaine, sama Gracia. Kata si Adit sih mereka temenan.Dan secara bersamaan, waktu itu di stasiun tv swasta, JKT punya sebuah acara yang namanya Yokoso JKT48 yang tayang setiap hari minggu. Gw yang hari minggu selalu bantu bokap gw cari uang, merasa miris nggak bisa nonton. Untung saja gw diselamatin sama Zen. Ia dengan baik hatinya mendownload semua episode Yokoso dari episode satu. Memang Zen lebih giat dalam hal mendownload.
“wah thanks banget zen” ucap gw ketika mengcopy semua episode Yokoso.
“sama – sama fi” balas Zen.Pulang ke rumah gw langsung tonton tiap episode.
Episode pertama membernya itu Shania, Jeje, Tata, sama Andela. Gw sih kenal sama ketiga member itu, namun yang agak asing itu nama Andela. Pertama sih gw nggak begitu suka sama member gen 3 itu.
Suatu hari, Zen sama si Adit lagi nongkrong di koridor.
“eh Zen, lo tau Andela gen 3 itu nggak ?” tanya gw.
“ya tau lah. Nih liat gw punya video pemilihan single ke 6 waktu itu” jawab Zen.
Zen langsung memutar video itu. Gw ngerasa kena Magic Love, gw denger logat Jawa Andela yang masih kental. Dan gw suka banget sama logat jawanya itu, nggak tau kenapa.
“lo dit di gen 3 ada yang lo suka nggak ?” tanya gw.
“ada donk” balas Adit.
“Siapa ?” tanya gw.
“Elaine” jawab Adit.
Gw hanya ber-oooh ria.
Setelah itu gw sering ngedownload video yang berhubungan dengan Andela, entah itu profil singkat Andela, sampai Fancam Event HS yang ada Andelanya. Kayaknya gw mulai ngeoshiin dia, gw suka kesel ketika denger fans yang ngeledek logat jawanya itu. Menurut gw itu bagus kok.
Gw juga udah denger, bahwa tim T udah kebentuk, dan Andela masuk.
“fi lo tau tim T udah dibentuk ?” tanya Zen ketika sedang jam istirahat berlangsung.
“wah, beneran lo Zen ?” jawab gw.
“Bener, first debutnya itu di waku – waku japan kalo gk salah” ucap Zen.
“Wess mantep, Andela masuk gak ?” tanya gw.
“Masuklah, Andela, Michele sama Elaine juga” jawab Zen.
“Sip dah”
Setelah event Handshake Kaze wa Fuiteru, berhembus kabar bahwa akan di rilis single ke 9 dan akan diadakan Senbatsu kembali di single ke 10. Dan akan ada setlist baru untuk setiap tim.
Saat itu gw sama temen sekelas lagi nunggu bel pertama bunyi.
“Zen lo tau JKT mau rilis single baru terus tiap tim dapet setlist baru ?” tanya gw.
“ya tau lah” jawab Zen.
“Tapi tetep aja fi, kita harus nunggu beberapa bulan” sambung Zen.
“Hahhh, iya juga zen” balas gw.
“oh iya fi, dari setlist semua setlist. Lo paling suka yang mana ?” tanya Zen.
“Kalo gw sih suka Pajama Drive sama RKJ. Kalo lo zen ?” jawab gw.
“Gw sih suka semuanya, hahaha” ucap Zen.
“Zen abis lulus kita ke theater yuk” ajak gw.
“Hmm ayo” balas Zen.
“Minimal sekali lah kita pernah kesana” ucap gw.
“Bener tuh fi, gw juga pengen banget ke theater” balas Zen.
“Sekalian gw mau ajak si Adit” ucap gw.
“Tapi, kita nggak bakalan bisa liat show pajama drive yah” sambung gw.
“Iyalah, paling kita bisa nonton setlist baru atau nggak DNT, sama Sheisun girl” balas Zen.
Gw bertekad, akan ke theater JKT48, ikut event handshake, DS, dll meskipun hanya sekali seumur hidup. Sebenarnya gw bisa aja nekad dengan nabung uang jajan gw yang cuman 10.000 sehari dan pergi ke theater. Tapi gw janji akan beli single, gw akan pergi ke theater bila gw udah berpenghasilan sendiri, kalo gw udah kerja. Malu bro kalo masih minta sama orang tua.
Malamnya seperti yang gw duga, si Adit maen ke rumah gw. Emang itu bocah nggak nge-BBM dulu kalo ke rumah gw.
“oh iya dit, gw sama zen mau pergi ke theater nih” ucap gw.
“Kapan ?” tanya Adit.
“Rencananya sih abis lulus” jawab gw.
“Iya kapan abis lulus teh ?” tanya Adit.
“Gimana kalo abis lebaran ? Kan suka dapet THR tuh” ucap gw.
“Ayo sih, tapi gw bisanya 2 minggu setelah lebaran” balas Adit.
“lo mau mudik ?” tanya gw.
Adit hanya menganggukan kepala.
“lama bener dit, gw aja mudik cuman sehari doang” ucap gw.
“lah kan gw jauh mudiknya, ke semarang dulu lah abis itu ke klaten” balas Adit.
“Oke gw ngerti, pokoknya 2 minggu abis lebaran, BBM lo harus aktif” ucap gw.
“Oke”
*~~~*
Akhir – akhir ini gw lagi suka banget baca fanfict. Kalo dipikir – pikir enak banget yah dunia delusi. Bisa sekelas sama member, saudaraan sama member, bahkan lebih parahnya lagi bisa pacaran sama member.
Gw sirik banget sama tokoh utamanya. Gw kasih klue inisial namanya R. Menurut gw dia itu sempurna banget, maen basket bisa, maen futsall jago bener. Otaknya juga encer bener. Banyak yang suka lagi.
Dari situ gw memutuskan untuk buat fanfict gw sendiri. Judul fanfict pertama gw yaitu Magic Love. Kenapa judulnya itu ?
Filosofinya sih sederhana, gw beranggapan cinta bisa merubah seseorang kearah yang lebih positif.
Satu malam gw beres nulis 2 part. Adit yang notabenenya pernah nulis novel, meskipun novelnya di tolak penerbit sih. Dia ngebantu gw dalam pembuatan fanfict itu. Dia yang ngebuat jalan cerita utamanya. Sedangkan gw yang ngembanginnya, ditambah dengan masalah basa – basinya.
Hampir tiap malam si Adit dateng ke rumah gw, cuman mau nulis itu fanfict.
Terkadang gw cengar – cengir sendiri, abisnya beda banget kehidupan gw di fanfict sama di dunia nyata. Di fanfict ceritanya gw punya rumah gedonganlah, punya motorlah, punya mobilah. Dan lebih parahnya lagi gw berkhayal Yuvi jadi adek gw dan Kak Ve jadi kakak gw, sedangkan Andela jadi pacar gw. Alangkah indahnya kalo hidup gw kayak gitu.
Mungkin JKT48 yang memacu gw untuk jadi penulis, nggak kerasa magic love udah gw tulis 38 part. Harusnya sih udah lebih, bisa sampe 50 part. Semoga aja kedepannya gw bisa jadi penulis terkenal kayak Raditya Dika. Aamiiin.
“fi part 38, gw yang nulis yah” ucap Adit.
Ya udah gw serahin aja part 38 sama si Adit. Author utamanya sih gw, dia cuman author magang doang.
Sampe sekarang part 38 belum juga beres, sedangkan gw ? Lagi ngegarap cerbung baru yang judulnya Hantu Amnesia. Cerbung itu baru 12 part sih. Nggak cuman cerbung doank gw juga nulis 4 cerpen, 1 udah beres, 2 lagi belum beres, dan satu lagi sedang gw tulis.
Tanggal 25 Andela ulang taun. Sebagai fans far yang baik gw pengen banget kasih sesuatu buat oshi baru gw itu. Akhirnya gw berinisiatif buat lirik lagu buat dia. Sorry kalo liriknya alay atau apa, gw bukan musisi bro.
Mungkin ini bukan cerpen sih, tapi lebih ke kisah perjalanan gw menjadi fans farnya JKT48. Semoga kita bisa bertemu nanti.
Selamat Ulang Tahun yang ke 18 Andela Yuwono.
Semoga semua cita – citamu tercapai.
Otanjoubi Omedetou
Sudah lama…..
Sejak pertama kali….
Ku mendengar…..
Suaramu yang indah itu…..
Kau yang s’lalu menari dan bernyanyi….
Dipanggung impian itu…..
Kau tak pernah lelah…..
Menghibur semua penggemarmu….
Ku tak akan pernah bosan…..
Melihatmu dari kursi ini…..
Kami akan s’lalu mendukungmu……
Sampai kau mengguncang dunia…..
Oh Andela…
Kau Srikandi Cantik…..
Yang membawa panah asmara…
Oh Andela…..
Kau idolaku….
Yang membawa sejuta kebahagiaan….
Parasmu yang cantik….
Selalu mencerahi hari – hariku….
Ku takkan pernah bosan…
Melihat wajahmu yang cantik itu…..
Oh Andela…
Kau Srikandi Cantik…..
Yang membawa panah asmara…
Oh Andela…..
Kau idolaku….
Yang membawa sejuta kebahagiaan….
25 April 2015,
#KebahagianItuKalian.
Semoga kau masuk di pemilihan single ke 10.
The End.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
NataTheCoco
AUTHOR
15 Agustus 2015 pukul 02.28 delete

Inisial R itu author yg nulis ff kisah cinta(bahasa inggrisnya) di web yg ilang kan? :v

Reply
avatar